Senin, 03 Maret 2014

Struktur Tubuh Belalang / Anatomi Tubuh Belalang

struktur tubuh belalang / anatomi belalang






struktur luar
Tubuh belalang dapat dibedakan atas 3 bagian yakni :
·         kepala
·         dada
·         perut

kepala :
pada bagian kepala (caput) terdapat alat mulut, sepasang antena, ocellus, dan mata majemuk atau mata facet
. Ocellus atau mata sederhana terdiri atas lapisan kutikula yang transparan, lensa, sel pigmen, dan lapisan penerima rangsang, yakni retina. Maa Facet atau mata majemuk terdiri atas banyak omatidium atau facet

Dada :
bagian dada terdiri atas 3 ruas/segmen yaitu :
·         segmen prothoraks di sebelah depan.
·         segmen mesothoraks disebelah tengah.
·         segmen metathoraks di sebelah dada paling belakang.


Perut:
Bagian perut dibagung oleh 11 segmen, pada sisi segmen pertama abdomen belalang terdapat membran tympanum yang berfungsi sebagai alat pendengarannya.


struktur dalam
·         sistem respirasi : Insecta bernapas dengan sistem trakhea atau sistem pembuluh
·         sistem peredaran darah : Insecta mempunya peredaran darah terbuka yang terletak di bagian dorsal tubuhnya. alat ini terdiri atas jantung dan aorta yang terbuka di bagian anterior.
·         sistem ekskresi : alat eksresi berupa saluran melapisi yang berjumlah banyak dan berkelok-kelok. saluran saluran ini menampung sisa metabolisme dari cairan tubuh. sisa metabolisme akan dialirkan ke dalam ussus dan akhirnya dikeluarkan melalui anus.
·       sistem saraf : insecta mempunyai sistem saraf tangga tali dan dari ganglion otak terdapat serabut saraf yang berhubungan dengan alat inderanya, misalnya antenanya. Antena pada belalang dilenkapi dengan indera pembau dan peraba, sedangkan indera pengecap terapat pada bagian maksila.

2 komentar: